Pengaruh Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMK Jurusan Akuntansi di Kota Metro.

Pangestu, Erwin Setiadi and Muhyadi, Muyhadi (2020) Pengaruh Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMK Jurusan Akuntansi di Kota Metro. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-erwin setiadi pangestu-17719251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK kelas XII Jurusan Akuntansi di Kota Metro menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 126 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan memakai kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi sebesar 40,24% dengan nilai siginifikansi (p) < 0,05 (2) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan siginifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi sebesar 29,41% dengan nilai siginifikansi (p) < 0,05 (3) Lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi sebesar 7,51% dengan nilai siginifikansi (p) < 0,05 (4) Teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sosial berpengaruh posistif dan signifikan secara simultan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi sebesar 77,2% dengan nilai siginifikansi (p) < 0,05. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sosial memiliki kontribusi yang signifikan untuk mendukung minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pada siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang tua, Lingkungan Sosial, Minat Melanjutkan Studi.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:49
Last Modified: 07 Feb 2022 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72147

Actions (login required)

View Item View Item