Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Android “My Journal” dalam Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Kelas X.

Januarti, Epifania Kurnia and Sukirno, Sukirno (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Android “My Journal” dalam Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Kelas X. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-epifania kurnia januarti-17719251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran game edukatif berbasis Android “My Journal” dalam pembelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga; (2) mengungkapkan kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan berdasarkan ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi, dan siswa serta mengungkap efektivitas media pembelajaran yang dihasilkan dalam pembelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Penelitian ini merupakan research and development dengan menggunakan model ADDIE. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 7 Yogyakarta dan SMK Negeri 1 Depok. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket validasi ahli, angket validasi praktisi pembelajaran, angket respon siswa dan soal tes pilihan ganda. Kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dianalisis menggunakan konversi 5 kategori kuantitatif. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi dan siswa. Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain dengan kriteria efektif jika skor rata-rata N-Gain >76%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran game edukatif berbasis Android “My Journal” dalam pembelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga telah dihasilkan. (2) Media pembelajaran yang dihasilkan dinilai layak oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi dan siswa dengan skor 4,09; 4,20; 4,50; 4,32 secara berturut-turut. Skor rata-rata N-Gain pada siswa SMK Negeri 7 Yogyakarta adalah 32,34% dan skor rata-rata N-Gain pada siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman adalah 39,17%. Berdasarkkan skor rata-rata N-Gain maka media game android “My Journal” tidak efektif sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: game android, jurnal khusus, media pembelajaran, My Journal
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:42
Last Modified: 07 Feb 2022 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72146

Actions (login required)

View Item View Item