Pengembangan Komik Fisika Waduk Gajah Mungkur Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Keterampilan Berpikir Kritis.

Priyadi, Ahmad Nur Wisnu and Kuswanto, Heru (2020) Pengembangan Komik Fisika Waduk Gajah Mungkur Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Keterampilan Berpikir Kritis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ahmad nur wisnu priyadi-18726251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media komik fisika Waduk Gajah Mungkur berbasis android yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika SMA; dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan media komik fisika Waduk Gajah Mungkur berbasis android dalam meningkatkan kemampuan rerpesentasi matematis dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan 4-D model, dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Wonogiri dan SMA N 1 Baturetno. Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 262 peserta didik untuk uji coba empiris soal, 36 peserta didik kelas X untuk uji coba terbatas, dan 72 peserta didik kelas X untuk uji lapangan luas. Instrumen penelitian terdiri lembar penilaian produk, angket respon peserta didik, dan tes kemampuan representasi matematis serta keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan V-Aiken, skala baku dan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media komik fisika Waduk Gajah Mungkur berbasis android yang dikembangkan layak digunakan untu pembelajaran fisika SMA pada materi Usaha dan Energi dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian validator; dan (2) media komik fisika berbasis android ini efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis dan keterampilan berpikir kritis. Hal ini berdasarkan rata-rata gain standar kemampuan representasi matematis kelas eksperimen sebesar 0,79 pada kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,69 pada kategori sedang. Rata-rata gain standar keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen kelas kontrol sebesar 0,83 dan 0,71 pada kategori tinggi. Hasil uji MANOVA pada uji Hotteling’s Trace diperoleh nilai sig.<0,05. Berdasarkan analisis effect size, nilai f masing-masing sebesar 0,06 dan 0,11 dengan interpretasi small effect size dan medium effect size.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komik fisika, Waduk Gajah Mungkur, android, matematis, berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:02
Last Modified: 07 Feb 2022 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72142

Actions (login required)

View Item View Item