Pengembangan Komik Permainan Kelereng Berbasis Android Menggunakan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Representasi Verbal dan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika.

Damayanti, Almira Eka and Kuswanto, Heru (2020) Pengembangan Komik Permainan Kelereng Berbasis Android Menggunakan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Representasi Verbal dan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-almira eka damayanti-18726251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media komik fisika yang mengangkat salah satu indigenous knowledge berupa permainan kelereng berbasis android menggunakan model group investigation, dan (2) efektifitas penggunaan komik permainan kelereng berbasis android menggunakan model group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis dan representasi verbal peserta didik SMA pada materi momentum impuls. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media komik fisika dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru pelajaran fisika dan peer reviewer. Subjek penelitian ini adalah 70 peserta didik kelas X MIPA tahun ajaran 2019/2020. Teknik analisis data kelayakan produk menggunakan nilai baku dan analisis keefektifan produk menggunakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan produk pada uji coba awal oleh peserta didik dan para ahli masing-masing sebesar 8,61 dengan kategori baik dan 11,17 dengan kategori sangat baik, dan (2) produk berupa media komik permainan kelereng berbasis android memberikan pengaruh terhadap kemampuan representasi verbal dan berpikir kritis peserta didik sebesar masing-masing 0,13 dengan interpretasi medium effect size dan 0,37 dengan interpretasi large effect size. Artinya adanya peningkatan atau pengaruh penggunaan komik pada pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Komik Fisika, Android, Indigenous:Permainan Kelereng, Group Investigation, Representasi Verbal, Berpikir Kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:57
Last Modified: 07 Feb 2022 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72141

Actions (login required)

View Item View Item