Pengembangan Komik Permainan Karambol Berbasis Android Terintegrasi Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis pada Pembelajaran Fisika.

Rahayu, Mega Septiana Ika and Kuswanto, Heru (2020) Pengembangan Komik Permainan Karambol Berbasis Android Terintegrasi Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis pada Pembelajaran Fisika. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-mega septiana ika rahayu-18726251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan komik permainan karambol berbasis android terintegrasi discovery learning yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika (2) mengetahui keefektifan komik permainan yang dihasilkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan representasi matematis pada pembelajaran fisika. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D: define, design, develop, dan disseminate. Penilaian kelayakan komik dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru fisika, peer reviewer, dan peserta didik. Uji coba terbatas dilakukan kepada 261 peserta didik kelas XI MIA untuk uji coba empiris soal dan 32 peserta didik kelas X MIA untuk uji keterbacaan komik. Uji coba lapangan dilakukan kepada 64 peserta didik SMA N 2 Banguntapan Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan produk, tes kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis, dan angket respon peserta didik yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menilai kelayakan komik dan uji MANOVA untuk mengetahui keefektifan komik yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komik permainan karambol berbasis android terintegrasi discovery learning yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli materi, dosen ahli media, guru fisika, peer reviewer, dan respon peserta didik; (2) komik permainan karambol yang dihasilkan tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Android, berpikir kritis, discovery learning, kemampuan, permainan karambol, representasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:56
Last Modified: 04 Feb 2022 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72124

Actions (login required)

View Item View Item