Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berorientasi Keterampilan Proses Sains Materi Gelombang Bunyi Dan Cahaya Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konseptual Dan Prosedural Peserta Didik SMA.

Sudarmani, Sudarmani and Rosana, Dadan (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berorientasi Keterampilan Proses Sains Materi Gelombang Bunyi Dan Cahaya Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konseptual Dan Prosedural Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-sudarmani-16726251046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika kelas XI SMA IPA; dan (2) mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains untuk meningkatkan pengetahuan konseptual dan prosedural peserta didik kelas XI SMA IPA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengembangkan media pembelajaran menggunakan desain ADDIE (Analyze, Design, Develop, Impelementation dan Evaluation). Desain penelitian yang digunakan pada tahap implementation yaitu one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Pakem. Media pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains ditelaah oleh ahli media dan ahli materi. Instrumen pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural ditelaah oleh ahli instrumen. Subyek penelitian terbagi menjadi subyek uji coba keterbacaan oleh 32 responden, dan subjek pengukuran oleh 96 responden yang terbagi ke dalam 3 kelas yaitu XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA N 1 Pakem. Data diperoleh menggunakan lembar telaah media pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains, angket keterbacaan media pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains, serta instrumen penilaian pengetahuan konseptual dan prosedural. Teknik analisis data yang digunakan untuk menentukan kelayakan media pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains menggunakan persamaan standar baku ideal (sbi) dan General Linear Model (GLM) dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains layak digunakan untuk pembelajaran fisika peserta didik kelas XI SMA; (2) penggunaan media pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains dapat meningkatkan pengetahuan konseptual 85,9% dan literasi digital 81,5%. Media yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternatif bagi guru fisika dalam pemilihan media pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, keterampilan proses sains, pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:14
Last Modified: 04 Feb 2022 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72123

Actions (login required)

View Item View Item