Pengembangan Komik Fisika melalui Indigenous Permainan Benthik Berbantuan Android dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Vektor dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA.

Maghfiroh, Anissa and Kuswanto, Heru (2020) Pengembangan Komik Fisika melalui Indigenous Permainan Benthik Berbantuan Android dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Vektor dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-anissa maghfiroh-18726251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan komik fisika melalui indigenous permainan benthik berbantuan android dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan representasi vektor dan berpikir kritis yang layak untuk pelajaran fisika peserta didik SMA; (2) mendeskripsikan keefektifan komik fisika melalui indigenous permainan benthik berbantuan android dengan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan representasi vektor. Materi yang digunakan didasarkan pada permainan benthik yang mengacu pada materi gerak parabola. Metode penelitian ini menggunakan 4-D model dengan empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Lembar instrumen penelitian dinilai oleh dosen ahli sebelum digunakan untuk memvalidasi produk. Validasi produk dilakukan oleh seorang ahli materi fisika dan seorang ahli media pembelajaran, tiga orang guru fisika dan 2 teman sejawat. Subjek penelitian adalah 9 peserta didik kelas XI MIPA SMA di Sleman Tahun Ajaran 2019/2020 untuk uji coba terbatas, 60 peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Mlati Tahun Ajaran 2019/2020 untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non-tes. Instrumen tes meliputi pretest dan posttest. Instrumen non-tes meliputi penilaian produk dan materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s Trace dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media pembelajaran berupa komik fisika melalui indigenous permainan benthik berbantuan android dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan representasi vektor dan berpikir kritis peserta didik yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi gerak parabola dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli, guru, dan teman sejawat; dan (2) penggunaan media komik fisika melalui indigenous permainan benthik berbantuan android dapat meningkatkan kemampuan representasi vektor dan berpikir kritis peserta didik berdasarkan analisis effect size dengan nilai Cohen’s f masing-masing sebesar 0,46 dan 0,57 dengan interpretasi large effect size.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Komik Fisika, Indigenous (Benthik), Android, Kemampuan Representasi Vektor, Kemampuan Berpikir Kritis, Discovery
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:26
Last Modified: 04 Feb 2022 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72121

Actions (login required)

View Item View Item