PengembanganInteractivePhysicsMobileLearningMedia (IPMLM) Berbasis Android dengan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding pada Materi Gelombang Mekanik untuk Meningkatkan HOTS dan Kegigihan Belajar Peserta Didik SMA.

Saputra, Ade Tegar and Suparno, Suparno (2020) PengembanganInteractivePhysicsMobileLearningMedia (IPMLM) Berbasis Android dengan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding pada Materi Gelombang Mekanik untuk Meningkatkan HOTS dan Kegigihan Belajar Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ade tegar saputra-18726251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menghasilkan interactive physics mobile learning media (IPMLM) berbasis android dengan pendekatan scaffolding pada materi Gelombang Mekanik yang layak untuk meningkatkan HOTS dan kegigihan belajar peserta didik SMA; 2) Mengetahui efektifitas penggunaan interactive physics mobile learning media (IPMLM) berbasis android dengan pendekatan scaffolding pada materi Gelombang Mekanik untuk meningkatkan HOTS dan kegigihan belajar peserta didik SMA. Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan desain research and developmen (R & D) model 4-D (defining, designing, developing, disseminating). Subjek uji coba terdiri dari tiga kelas eksperimen dengan jumlah 90 peserta didik dan tiga kelas kontrol dengan jumlah 89 peserta didik kelas XI di SMA N 1 Wonosobo, SMA N 1 Kertek dan SMA N 1 Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Produk-produk yang dikembangkan yakni aplikasi interactive physics mobile learning media (IPMLM), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), angket respon peserta didik terhadap media dan kegiatan pembelajaran serta lembar validasi dan kelayakan produk. Instrumen evaluasi yang dikembangkan adalah instrumen tes higher order thinking skill berupa soal pilihan ganda beralasan dan angket kegigihan belajar. Teknik analisis data uji coba soal menggunakan analisis item response theory dengan bantuan program QUEST dan PARSCALE. Data hasil uji luas dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial dilakukan dengan menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aplikasi interactive physics mobile learning media berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding pada materi Gelombang Mekanik dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan higher order thinking skill dan kegigihan belajar; 2) penggunaan interactive physics mobile learning media (IPMLM) berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding efektif dalam meningkatkan higher order thinking skill dan kegigihan belajar peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) berbasis android, Higher Order Thinking Skill, Pendekatan Pembelajaran Scaffolding, Kegigihan Belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:00
Last Modified: 04 Feb 2022 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72120

Actions (login required)

View Item View Item