Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Berbantuan Edmodo pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA.

Abdulfattah, Ahsan and Supahar, Supahar (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Berbantuan Edmodo pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ahsan abdulfattah-17726251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis budaya lokal berbantuan aplikasi edmodo yang layak pada mata pelajaran fisika, (2) mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran berbasis budaya lokal berbantuan aplikasi edmodo pada mata pelajaran fisika, (3) mengetahui profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis budaya lokal berbantuan aplikasi edmodo, (4) mengetahui profil kemandirian belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis budaya lokal berbantuan aplikasi edmodo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subyek penelitian ini terdiri atas 30 peserta didik kelas XI MIPA SMA N 5 Yogyakarta untuk uji coba terbatas, 332 peserta didik kelas XI MIPA dari beberapa SMA Negeri di DIY untuk uji coba empiris, dan 90 peserta didik kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk uji coba lapangan. Intrumen tes terdiri dari instrumen tes keterampilan pemecahan masalah dan kuesioner kemandirian belajar. Intrumen non-tes berupa lembar telaah perangkat pembelajaran, lembar validasi instrumen tes, lembar penilaian media dan angket respon peserta didik dan guru. Teknik analisis data yang digunakan antara lain persamaan rerata dan simpangan baku ideal untuk menguji kelayakan perangkat pembelajaran dan angket respon peserta didik dan guru, persamaan Aiken’s V dan analisis partial credit model (PCM) menurut teori respon butir (IRT) untuk mengetahui kevalidan dan reliabilitas dari instrumen tes dan non-tes, serta generalized linear model (GLM) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 untuk menguji efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran fisika berbasis budaya lokal berbantuan aplikasi edmodo layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat tinggi, (2) perangkat pembelajaran fisika berbasis budaya lokal berbantuan aplikasi edmodo efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik dengan nilai partial eta squared sebesar 70% dan 44,8%, (3) profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik diperoleh 37% memiliki kategori tinggi dan 63% pada kategori rendah, (4) profil kemandirian belajar peserta didik diperoleh 100% berada pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Budaya Lokal, Edmodo, Keterampilan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:54
Last Modified: 04 Feb 2022 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72118

Actions (login required)

View Item View Item