Pengembangan CBT dan PBT Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika dan Kejujuran Akademik Peserta Didik SMA.

Very Viana, Ratna and Istiyono, Edi (2020) Pengembangan CBT dan PBT Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika dan Kejujuran Akademik Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ratna very viana-17726251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu; 1) menghasilkan konstruksi PhysCreaThink-CBT dan PhysCreaThink-PBT untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif fisika; 2) menghasilkan instrumen penilaian PhysCreaThink-CBT dan PhysCreaThink-PBT untuk kemampuan berpikir kreatif fisika yang layak; 3) mengetahui level kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik SMA dengan menggunakan CBT dengan PBT; 4) mengetahui level kejujuran akademik peserta didik SMA selama kegiatan penilaian dengan menggunakan CBT dan PBT; serta 5) mengetahui respon peserta didik terhadap PhysCreaThink-CBT dan PhysCreaThink- PBT dalam mengukur hasil belajar kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik SMA. Penelitian dikembangkan sesuai model pengembangan tes Oriondo dan Antonio, sedangkan model pengembangan PhysCreaThink-PBT dan PhysCreaThink-CBT dikembangkan sesuai model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel. Model pengembangan tes Oriondo dan model 4D dijadikan satu, sehingga terbentuk pengembangan PhysCreaThink-CBT dan PhysCreaThink-PBT. Desain penelitian ini meliputi validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah 762 peserta didik yang berasal dari SMAN di Kabupaten Gunung Kidul. Teknik pengumpulan data berupa observasi, pemberian tes dan pemberian angket. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media CBT, angket kejujuran akademik, PhysCreaThink-PBT, PhysCreaThink-CBT serta angket respon peserta didik. Analisis butir menggunakan pendekatan IRT model Generalized Partial Credit Model (GPCM). Analisis hasil penentuan CrTS dan kejujuran akademik dianalisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan: 1) konstruksi PhysCreaThink untuk mengukur CrTS (Creative Thinking Skills) peserta didik SMA kelas XI. Butir soal berupa pilihan ganda beralasan sebanyak 136 butir yang terbagi atas 4 paket soal dan 8 anchor item; 2) Karakteristik PhysCreaThink telah memenuhi validasi isi dan cocok dengan model 2 PL, reliabel untuk peserta didik dengan level CrTS tinggi, sedang dan rendah. PhysCreaThink memiliki karakteristik butir tes yang baik berdasarkan parameter kesukaran butir dan daya beda.; 3) Berdasarkan hasil pengukuran PhysCreaThink-CBT diperoleh CrTS fisika dengan kemampuan sangat rendah, hingga kategori sangat tinggi. Implementasi PhysCreaThink-PBT diperoleh peserta didik dengan CrTS kategori sangat rendah hingga kategori tinggi; 4) Berdasarkan hasil pengukuran menggunakan angket kejujuran akademik peserta didik yang mengikuti tes dengan menggunakan PhysCreaThink-PBT didapat bahwa terdapat level kejujuran akademik sangat tinggi sebesar 7,8%, tinggi sebesar 15,6%, sedang sebesar 46,9%, rendah sebesar 23,1% dan sangat rendah sebesar 6,6%. Hasil pengukuran menggunakan angket kejujuran akademik peserta didik yang mengikuti tes dengan menggunakan PhysCreaThink-CBT didapat bahwa terdapat level kejujuran akademik sangat tinggi sebesar 12,5%, tinggi sebesar 15,7%, sedang sebesar 50,6%, rendah sebesar 15,3% dan sangat rendah sebesar 5,9%.; 5) Berdasarkan hasil angket respon peserta didik yang mengikuti tes dengan menggunakan PhysCreaThink-PBT didapat bahwa terdapat level respon sangat baik sebesar 7,8%, baik sebesar 70,3%, cukup baik sebesar 11,7%, tidak baik sebesar 10,2% dan sangat tidak baik sebesar 0%. Hasil angket respon peserta didik yang mengikuti tes dengan menggunakan PhysCreaThink-CBT didapat bahwa terdapat level respon sangat baik sebesar 16,5%, baik sebesar 77,3%, cukup baik sebesar 5,5%, tidak baik sebesar 0,8% dan sangat tidak baik sebesar 0%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, CBT, PBT , kemampuan berpikir kreatif fisika, kejujuran akademik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:43
Last Modified: 04 Feb 2022 04:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72117

Actions (login required)

View Item View Item