PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JURUSAN TATA BOGA

Siti Aminah, Aminah (2012) PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JURUSAN TATA BOGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (765kB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JURUSAN TATA BOGA Oleh Siti Aminah 07104244047 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan tata boga yang memenuhi persyaratan validitas dan realibilitas, sehingga dapat mengukur dan mengungkap kesiapan kerja pada siswa SMK jurusan tata boga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan inventori kesiapan kerja pada siswa SMK jurusan tata boga mngacu pada langkah-langkah dasar pengembangan dan penyusunan skala psikologis menurut Saifuddin Azwar yang terdiri dari 10 langkah. Prosedur pengembangan tersebut adalah : identifikasi tujuan ukur, operasionalisasi konsep, penskalaan & pemilihan format stimulus, penulisan item, uji coba, analisis item, kompilasi I seleksi item, pengujian validitas & reliabilitas, kompilasi II format final. Subjek yang digunakan adalah dua orang ahli yang berkompeten (profesional judgement) dan siswa kelas tiga SMK Negeri 6 Yogyakarta, dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah inventori kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan jurusan tata boga yang telah disusun peneliti dan lembar penilaian inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan tata boga untuk ahli dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk validitas konstruk menggunakan konsep teori yang digunakandan validitas isi menggunakan penilaian profesional (profesional judgement). Untuk menghitung validitas item digunakan teknik korelasi item-total Pearson, serta untuk menghitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Alfa Cronbach. Sedangkan data kualitatif hasil penilaian ahli dan 100 orang siswa berupa saran, kritik, dan tanggapan dideskripsikan sesuai data yang ada. Penelitian pengembangan inimenghasilkan inventori kesiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruanjurusan tata boga yang terdiri atas 40 item pernyataan.Inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan tata boga ini telah memenuhi persyaratan validitas konstruk yaitu menggunakan konsep teori yang ditetapkandan validitas isi yaitu melalui profesional judgementserta telah memenuhi persyaratan reliabilitas yaitu memiliki harga koefisien reliabilitas sebesar 0,882. Dengan demikian inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan tata boga ini dinyatakan memiliki reliabilitas yang tinggi (andal). Inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan tata boga ini juga dilengkapi dengan pedoman penyelenggaraan bagi guru BK. Kata kunci : inventori, kesiapan kerja, siswa Sekolah Menengah Kejuruan jurusan tata boga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7211

Actions (login required)

View Item View Item