Studi Komparasi Level Literasi Kimia dan Efikasi Diri Calon Guru Berdasarkan Tingkatan Tahun Kuliah pada Topik Asam Basa.

Tyas, Anggia Setianing and Senam, Senam (2020) Studi Komparasi Level Literasi Kimia dan Efikasi Diri Calon Guru Berdasarkan Tingkatan Tahun Kuliah pada Topik Asam Basa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-anggia setianing tyas-18728251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji ada atau tidaknya perbedaan level literasi kimia dan efikasi diri mengajar; (2) menguji perbedaan level literasi kimia; (3) mengetahui sebaran kategori level literasi kimia; (4) menguji perbedaan efikasi diri mengajar; serta (5) mengetahui sebaran kategori efikasi diri mengajar calon guru kimia tahun pertama, tahun kedua, dan tahun ketiga di program studi pendidikan kimia di Yogyakarta pada topik asam basa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain studi cross- sectional. Sejumlah 316 calon guru tahun pertama, tahun kedua, dan tahun ketiga dari dua universitas di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ditentukan sebagai sampel penelitian ini dengan teknik cluster sampling. Data literasi kimia diperoleh melalui tes untuk topik asam basa sedangkan data efikasi diri mengajar diperoleh melalui angket. Hasil validitas logis menunjukkan bahwa soal pada topik asam basa dan angket efikasi diri layak digunakan untuk penelitian, sedangkan hasil analisis empiris instrumen menunjukkan bahwa angket efikasi diri mengajar memiliki kategori reliabilitas baik. Analisis data menggunakan statistik inferensial, yaitu uji Manova dan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan dari level literasi kimia dan efikasi diri mengajar calon guru kimia tahun pertama dengan tahun kedua, tahun kedua dengan tahun ketiga, dan tahun ketiga dengan tahun pertama; (2) terdapat perbedaan signifikan dari level literasi kimia calon guru kimia tahun pertama dengan tahun kedua, dan tahun kedua dengan tahun ketiga. Pencapaian level literasi kimia secara berurutan calon guru tahun kedua lebih baik daripada calon guru tahun ketiga, calon guru tahun ketiga lebih baik daripada calon guru tahun pertama; (3) terdapat perbedaan sebaran kategori pencapaian level literasi kimia calon guru tahun pertama dengan tahun kedua, tahun kedua dengan tahun ketiga, dan tahun ketiga dengan tahun pertama. Pencapaian literasi kimia pada kategori sangat baik dan sangat kurang didominasi oleh calon guru tahun ketiga. Calon guru tahun kedua mendominasi kategori pencapaian literasi kimia yang baik. Pencapaian literasi kimia pada kategori cukup dan kurang didominasi calon guru tahun pertama. Adapun aspek konten, konteks, dan HOLS lebih dikuasai oleh calon guru tahun kedua, sedangkan aspek konteks cukup diuasai oleh calon guru tahun pertama; (4) terdapat perbedaan signifikan dari efikasi diri mengajar calon guru kimia tahun pertama dengan tahun kedua, tahun kedua dengan tahun ketiga, dan tahun ketiga dengan tahun pertama. Pencapaian level literasi kimia secara berurutan calon guru tahun kedua lebih baik daripada calon guru tahun pertama, calon guru tahun pertama lebih baik daripada calon guru tahun ketiga; serta (5) terdapat perbedaan sebaran kategori efikasi diri calon guru tahun pertama dengan tahun kedua, tahun kedua dengan tahun ketiga, dan tahun ketiga dengan tahun pertama. Calon guru tahun ketiga mendominasi kategori efikasi diri dalam mengajar yang baik. Calon guru tahun pertama memiliki kualitas efikasi diri mengajar yang dominan pada kategori sangat baik dan cukup. Adapun aspek yang PSTE, knowledge efficacy, dan teaching efficacy lebih dikuasai oleh calon guru tahun ketiga pada topik asam basa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: studi komparasi, literasi kimia, efikasi diri mengajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:36
Last Modified: 03 Feb 2022 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72107

Actions (login required)

View Item View Item