Analisis Miskonsepsi pada Siswa dan Guru tentang Materi Kesetimbangan Kimia dengan menggunakan Three-Tier Test.

Khairunnisa, Khairunissa and Prodjosantoso, AK (2020) Analisis Miskonsepsi pada Siswa dan Guru tentang Materi Kesetimbangan Kimia dengan menggunakan Three-Tier Test. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-khairunnisa-18728251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kategori miskonsepsi yang dialami siswa SMA di Kabupaten Gunung Kidul pada materi kesetimbangan kimia yang meliputi lima konsep yaitu, konsep kesetimbangan dinamis, penentuan rumus tetapan kesetimbangan, hubungan kuantitatif antar komponen dan reaksi kesetimbangan, arah pergeseran kesetimbangan menggunakan asas Le Chatelier, dan penggunaan prinsip kesetimbangan di industri; (2) kategori miskonsepsi yang dialami guru Kimia pada materi kesetimbangan kimia; (3) faktor penyebab terjadinya miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia; (4) faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada guru Kimia SMA di Kabupaten Gunung Kidul pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan siswa SMA kelas XII dan guru kimia SMA yang tergabung dalam MGMP di Kabupaten Gunung Kidul. Partisipan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu siswa sudah mendapatkan materi kesetimbangan kimia. Data dikumpulkan menggunakan three-tier test berisi 15 pertanyaan dan pedoman wawancara, dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipan yang mengalami miskonsepsi pada materi kesetimbangan tersebar rata dalam kelima konsep. Banyak siswa dan guru yang mengalami miskonsepsi pada konsep kesetimbangan dinamis, yaitu masing-masing sebesar 66,67% dan 40% serta pada konsep penggunaan prinsip kesetimbangan di industry, masing-masing 59,26% dan 10%. Pada ketiga konsep yang lainnya, relatif sedikit siswa dan guru yang mengalami miskonsepsi. Faktor yang menyebabkan miskonsepsi adalah prakonsepsi siswa, penjelasan yang belum tuntas dari guru, sumber belajar yang memberikan analogi yang kurang tepat pada materi keseimbangan kimia, pembelajaran di kelas, dan belum banyaknya guru yang meningkatkan pengetahuan, dan banyaknya guru yang masih menggunakan buku teks lama. Hal ini mengimplikasikan bahwa guru perlu meningkatkan profesionalisme mereka melalui kegiatan-kegiatan ilmiah, semua guru yang terlibat dalam proses pembelajaran memperbaiki pemahaman konsepnya, dan sekolah perlu mempertimbangkan sarana prasarana pembelajaran yang tepat untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, kesetimbangan kimia, three-tier test
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:26
Last Modified: 03 Feb 2022 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72106

Actions (login required)

View Item View Item