Pengembangan Buku Pengayaan Berbasis Representasi untuk Materi Ikatan Kimia Berkaitan dengan Kemampuan kognitif Siswa Sekolah Menengah Atas.

Setyowati, Putri Ashrina and Sutrisno, Hari (2020) Pengembangan Buku Pengayaan Berbasis Representasi untuk Materi Ikatan Kimia Berkaitan dengan Kemampuan kognitif Siswa Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-putri ashrina setyowati-18728251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan buku pengayaan berbasis representasi untuk materi ikatan kimia di SMA; (2) mengetahui perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang menggunakan buku pengayaan berbasis representasi dengan yang menggunakan buku pengayaan tanpa berbasis representasi pada materi ikatan kimia di SMA; (3) mengetahui sumbangan efektif atau keefektifan penggunaan buku pengayaan berbasis representasi pada materi ikatan kimia di SMA terhadap kemampuan kognitif siswa; (4) menentukan kategori profil soal untuk kemampuan kognitif antara siswa yang menggunakan buku pengayaan berbasis representasi dengan yang menggunakan buku pengayaan tanpa berbasis representasi pada materi ikatan kimia di SMA. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Buku pengayaan yang dikembangkan divalidasi oleh dosen ahli dan dinilai oleh guru kimia, peer reviewer, dan siswa, serta diujicobakan pada siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMA di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data meliputi soal posttest, lembar penilaian produk, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil validasi soal posttest dengan program Quest menunjukkan 25 soal valid dengan hasil reliabilitas sebesar 0,9. Teknik analisis data penilaian kualitas produk menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data posttest menggunakan uji t sampel independen. Analisis data sumbangan efektif menggunakan program SPSS. Analisis data profil kemampuan kognitif menggunakan program Winsteps. Hasil penelitian menunjukkan (1) buku pengayaan berbasis representasi telah dikembangkan menunjukkan kualitas dalam kategori cukup; (2) terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa antara penggunaan buku pengayaan berbasis representasi dengan penggunaan buku pengayaan tanpa representasi pada materi ikatan kimia di SMA; (3) sumbangan efektif penggunaan buku pengayaan berbasis representasi terhadap kemampuan kognitif siswa sebesar 18,11%; (4) profil soal untuk kemampuan kognitif siswa pada tingkat kesulitan terdapat butir soal dalam kategori sulit, sedang, dan mudah, serta daya pembeda dengan hasil terdapat butir soal yang tidak memiliki daya pembeda baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, kemampuan kognitif tinggi, representasi kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:13
Last Modified: 03 Feb 2022 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72105

Actions (login required)

View Item View Item