Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengidentifikasi Kemampuan Representasi ganda dan Literasi Kimia Peserta Didik pada Pokok Bahasan Laju Reaksi.

Hania, Wan Zahara Zaitu and Sutrisno, Hari (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengidentifikasi Kemampuan Representasi ganda dan Literasi Kimia Peserta Didik pada Pokok Bahasan Laju Reaksi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-wan zahara zaitu hania-18728251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian terintegrasi, mendeskripsikan kelayakan instrumen terintegrasi, serta mengidentifikasi kemampuan representasi ganda dan literasi kimia peserta didik secara terintegrasi pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, yang tahap pengembangannya meliputi define, design, develop, dan disseminate. Produk awal divalidasi oleh tiga dosen ahli atau expert judgment dan diuji keterbacaan oleh peserta didik melalui angket. Penelitian ini melibatkan 370 peserta didik kelas XII dan 130 peserta didik kelas XI IPA yang tersebar di lima SMA di Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar validasi butir soal, angket respon peserta didik, dan instrumen penilaian terintegrasi berbentuk soal uraian. Hasil uji coba instrumen yang merupakan data politomus selanjutnya dianalisis menggunakan Teori Item Respon Butir atau Item Response Theory (IRT) menggunakan model General Partial Credit Model (GPCM) dengan pendekatan 2 parameter logistik (2 PL) pada tingkat kesukaran dan daya beda berbantuan program R dan Winstep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian terintegrasi yang telah divalidasi oleh expert judgment memiliki validitas isi yang baik dan layak digunakan untuk tahap penelitian selanjutnya. Pada tahap uji coba instrumen, uji asumsi Item Respon Theory (IRT) menunjukkan bahwa delapan butir soal yang telah digunakan pada tahap uji coba instrumen, lolos seluruhnya setelah dilakukan uji asumsi unidimensi, independensi lokal, dan invariansi parameter. Berdasarkan kriteria batas terendah dari outfit MNSQ (Mean Square) 0,83 – 1,09, mengindikasikan bahwa 8 item soal terbukti fit dengan model GPCM dan berfungsi normal dalam melakukan pengukuran. Instrumen terintegrasi memiliki estimasi reliabilitas item yang menunjukkan pengukuran yang tinggi yaitu sebesar 0,95 dan reliabilitas person sebesar 0,69. Tingkat kesukaran butir soal secara umum tergolong baik dan berada pada rentang -1,08 – 0,06 logit, yang berarti merata pada berbagai tingkat kesukaran soal. Disamping itu, Indeks daya beda secara keseluruhan terletak pada 0,323-0,692 mengindikasikan seluruh butir soal tersebut memiliki daya beda yang baik, yaitu lebih dari 0,25. Oleh karena itu, instrumen penilaian terintegrasi layak digunakan untuk mengukur kemampuan representasi ganda dan literasi kimia peserta didik SMA/MA pada pokok bahasan laju reaksi. Tahap uji coba menghasilkan data yang telah memenuhi varians normalitas dan homogenitasnya. Setelah dilakukan uji one sample t- test dan one way anava, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan hasil rata-rata sampel dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah dan tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan terintegrasi peserta didik tiap sekolah. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa profil kemampuan representasi ganda dan literasi kimia peserta didik cenderung berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 69,25%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penilaian terintegrasi, representasi ganda, literasi kimia, laju reaksi, teori respon butir
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:05
Last Modified: 03 Feb 2022 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72104

Actions (login required)

View Item View Item