Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia.

Ramadhan, Ardian Anugrah and Partana, Crys Fajar (2020) Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ardian anugrah ramadhan-18728251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognisi dan kepercayaan diri peserta didik, pada pembelajaran model POGIL dan pembelajaran menggunakan discovery learning, serta mengetahui sumbangan efektif atau persentase perbedaan keterampilan metakognisi dan kepercayaan diri peserta didik, pada pembelajaran model POGIL dan pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan penelitian post-test only with non-equivalent control group design. Sampel pada penelitin ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran discovery learning dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model POGIL. Teknik sampel yang digunakan simple random sampling dengan jumlah 61 peserta didik kelas XI sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal uraian kesetimbangan kimia dan non tes yang digunakan berupa angket kepercayaan diri peserta didik serta angket keterampilan metakognisi yang diadopsi dari MAI Schraw & denise. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini Manova. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan metakognisi dan kepercayaan diri peserta didik pada penerapan model pembelajaran POGIL dan discovery learning dengan sumbangan efektif 66,1%, serta keterlaksanaan model POGIL dilihat dari respon peserta didik termasuk dalam kategori baik yaitu 69,75%, (2) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan metakognisi peserta didik pada penerapan model pembelajaran POGIL dan discovery learning dengan sumbangan efektif 54,8%, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kepercayaan diri peserta didik pada penerapan model pembelajaran POGIL dan discovery learning dengan sumbangan efektif 37,7%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran model POGIL, keterampilan metakognisi, kepercayaan diri, kesetimbangan kimia.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:54
Last Modified: 03 Feb 2022 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72103

Actions (login required)

View Item View Item