Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan Kognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi.

Mindayula, Efri and Sutrisno, Hari (2020) Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan Kognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-efry mindayula-18728251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan kemampuan kognitif kimia antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis multipel representasi dan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik tanpa berbasis multipel representasi, (2) pengaruh pembelajaran kimia berbasis multipel representasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kesetimbangan kimia, serta (3) tipe dari soal multipel representasi yang paling sulit dan paling mudah dijawab oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental with post-test only and non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari dua grup, yaitu grup eksperimen, yang terdiri dari 36 siswa (17 laki-laki dan 19 perempuan), dan grup kontrol, yang terdiri 33 siswa (15 laki-laki dan 18 perempuan). Grup eksperimen diajar dengan pendekatan saintifik berbasis multipel representasi, sedangkan grup kontrol dengan pendekatan saintifik tanpa berbasisi multipel representasi. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif kimia siswa. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test, untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif kimia antara grup eksperimen dan grup control; effect size (cohend’ dan eta square) untuk mengetahui effektivitas pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik berbasis multipel representasi terhadap kemampuan kognitif kimia siswa; Rasch model untuk mengetahui jenis representasi kimia yang paling sulit dan paling mudah dijawab oleh siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan kognitif kimia antara siswa yang diterapkan pembejaran kimia dengan pendekatan saintifik berbasis multipel representasi dengan siswa yang diterapkan pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik tanpa berbasis multipel representasi. Siswa-siwa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi yaitu (x̅ =71,44) dengan kategori berada di atas KKM (67). Sedangkan dengan siswa-siswa pada kelas control memiliki nilai rata-rata yang lebih rendah (x̅ =53,09) dengan kategori berada di bawah KKM (67). (2) Pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik berbasis multipel representasi memiliki kefektifan yang tinggi terhadap kemampuan kognitif kimia siswa, yang ditunjukkan pada nilai d Cohen sebesar 1,29 dan nilai eta-square sebesar 0,46. (3) Tipe soal representasi yang paling sulit dijawab oleh siswa di kelas eksperimen yaitu tipe soal representasi matematika, sedangkan yang paling mudah adalah tipe soal representasi simbolik. Untuk kelas kontrol, tipe soal representasi yang paling sulit adalah tipe soal representasi submikroskopik, sedangkan yang paling mudah adalah tipe soal representasi simbolik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif kimia, multipel representasi, scientific approach
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:30
Last Modified: 03 Feb 2022 05:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72102

Actions (login required)

View Item View Item