Eksplorasi Model Mental Calon Guru Kimia pada Topik Laju Reaksi.

Wardah, Annisa Chiyarotul and Wiyarsi, Antuni (2020) Eksplorasi Model Mental Calon Guru Kimia pada Topik Laju Reaksi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-annisa chiyarotul wardah-18728251033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk: (1) mengeksplorasi model mental calon guru kimia pada topik laju reaksi, yang meliputi 10 konsep yaitu konsep dasar laju reaksi (istilah, definisi, dan simbol), penentuan orde reaksi, penentuan orde reaksi pada kondisi tertentu, hubungan laju pengurangan konsentrasi reaktan dengan waktu, perubahan konsentrasi reaktan dan produk selama reaksi, pengaruh konsentrasi reaktan terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan, laju reaksi berdasarkan data entalpi, pengaruh katalis terhadap laju reaksi ditinjau dari energi aktivasi, pengaruh energi aktivasi terhadap laju reaksi, mekanisme reaksi; (2) mengeksplorasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi calon guru kimia dalam merepresentasikan konsep laju reaksi; dan (3) merefleksikan model mental calon guru kimia mengenai konsep laju reaksi terhadap pengembangan pembelajaran kimia di sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif eksploratif yang melibatkan mahasiswa pendidikan kimia semester 5 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta sebagai partisipan. Dua puluh partisipan dipilih sesuai teknik purposive sampling, yaitu partisipan- partisipan tersebut sedang menempuh pendidikan guru dan dianggap telah menguasai topik laju reaksi karena telah menempuh beberapa mata kuliah yang di dalamnya terdapat materi laju reaksi. Proses pengambilan data dilakukan melalui dua teknik, yaitu pertama partisipan diberi 10 pertanyaan dalam bentuk open- ended responses. Kemudian dari hasil open-ended responses segera dilakukan clinical interview untuk mengeksplorasi lebih lanjut terkait alur pikir partisipan dalam merepresentasikan konsep tersebut. Sebelumnya, instrumen telah divalidasi oleh dua ahli kemudian direvisi, sehingga valid dan reliabel secara teoretis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat 5 model mental calon guru kimia mengenai konsep laju reaksi. Lima model tersebut adalah Model Mental Target (MMT), Model Mental Parsial (MMP), Model Mental Campuran (MMC), Model Mental Alternatif (MMA), dan Model Mental Tidak Tereksplor (MMTT). (2) Banyak partisipan yang menggunakan konsep alternatif dalam merepresentasikan konsep simbol laju reaksi, pengaruh energi aktivasi terhadap laju reaksi, dan mekanisme reaksi. Faktor yang menyebabkan kesulitan partisipan dalam merepresentasikan konsep tersebut adalah a) pemahaman yang setengah-setengah; dan b) miskonsepsi yang bersumber dari kesalahan penangkapan partisipan, informasi dari pendidik, pembelajaran kelas, dan sumber belajar yang digunakan. Hal ini berimplikasi pada pentingnya mengembangkan pembelajaran kimia yang melatih peserta didik berpikir secara ilmiah dan sistematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: calon guru kimia, laju reaksi, model mental
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:43
Last Modified: 03 Feb 2022 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72100

Actions (login required)

View Item View Item