Proses Belajar Pengrajin Batik Tulis di Kampung Batik Giriloyo.

Kurrota'ainin, Hikmah (2020) Proses Belajar Pengrajin Batik Tulis di Kampung Batik Giriloyo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hikmah kurrota ainin-17704251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Proses belajar yang terjadi dalam pengembangan inovasi di Kampung batik tulis Giriloyo, (2) Faktor yang terdapat dalam pengembangan inovasi kampung batik tulis Giriloyo, dan (3) Pengembangan inovasi yang telah berhasil dilakukan oleh para pengrajin di Kampung batik tulis Giriloyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan metode deskritif. Penelitian ini melibatkan pengrajin batik tulis di kampung batik Giriloyo Bantul. Sumber data dalam penelitian ini terbagi atas dua data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses data reduction, data display, conclusen drawing/verification. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya Proses belajar yang terjadi dalam pengembangan inovasi di Kampung batik tulis Giriloyo adalah belajar informal, belajar ditempat kerja, serta adanya dorongan untuk melakukan inovasi (2) Faktor yang mempengaruhi perkembangan inovasi adalah Tanggungjawab berdasar pengalaman, jaringan sosial, serta Tuntutan layanan (3) Inovasi yang telah dilakukan oleh pengrajn batik tulis di kampung batik Giriloyo adalah inovasi terkait proses produksi dengan adanya pengembangan produk dan motif yang tetap mengedepankan batik klasik Yogyakarta sebagai ciri khas batik tulis Giriloyo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Organisasi Pembelajar, belajar informal, Inovasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:22
Last Modified: 03 Feb 2022 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72097

Actions (login required)

View Item View Item