Pengembangan Bot Telegram Untuk Optimalisasi Sistem Blended Learning Program Kesetaraan Paket C.

Ismawati, Dwi and Prasetyo, Iis (2020) Pengembangan Bot Telegram Untuk Optimalisasi Sistem Blended Learning Program Kesetaraan Paket C. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-dwi ismawati-18704251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) melakukan studi pendahuluan (2) menghasilkan model konseptual, (3)menghasilkan model operasional, (4) mengetahui validitas Bot telegram untuk optimalisasi sistem blended learning program kesetaraan Paket C, dan (5) mengetahui efektivitas Bot telegram untuk optimalisasi sistem blended learning program kesetaraan Paket C. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementtaion, dan evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah warga belajar program kesetaraan paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Sleman dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Reksonegaran yang totalnya berjumlah 92 warga belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan hasil pretest dan posttest warga belajar program kesetaraan Paket C di SKB Kabupaten dan Sleman dan PKBM Reksonegaran.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS 25. Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan warga belajar program kesetaraan paket C SKB Kabupaten Sleman memiliki kendala kehadiran dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan membutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun agar tetap mengikuti proses pembelajaran. Model konseptual pada penelitian ini menghasilkan model pembelajaran (Blended learning) sebagai solusi dari permasalahan berdasarkan hasil studi pendahuluan. Model operasional menghasilkan rancangan proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran untuk pengimplementasikan model pembelajaran. Skor uji validitas yang diperoleh dari ahli media adalah 73% dan skor uji validitas dari ahli materi 89 %. Skor dari respon pamong belajar 97 % sedangkan skor respon warga belajar adalah 76%. Efektivitas model pembelajaran dilihat dengen menganalisis hasil belajar pretest dan posttest. Pada tingkat keefektifan dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji Mann- Whitney U dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas X diperoleh nilai Sig atau P Value sebesar 0,002 < batas kritis 0,05, kelas XI diperoloh nilai Sig atau P Value sebesar 0,007 < batas kritis 0,05, kelas XII diperoloh nilai Sig atau P Value sebesar 0,005 < batas kritis 0,05. Blended learning dengan Bot telegram juga terbukti mampu mengoptimalkan pembelajaran dengan melihat ketuntasan belajar warga belajar setelah implementasi model blended learning pada kelas X skor yang diperoleh 86%, kelas XI 88%, dan kelas XII 93%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bot Telegram, Blended Learning, Program Kesetaraan Paket C
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:27
Last Modified: 03 Feb 2022 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72094

Actions (login required)

View Item View Item