Pengembangan Buku Panduan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam menumbukan Minat Kewirausahaan Anak Usia Sekolah Dasar.

Mufaziah, Eva and Fauziah, Pujiyanti (2020) Pengembangan Buku Panduan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam menumbukan Minat Kewirausahaan Anak Usia Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-eva mufaziah-18704251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) mengetahui hasil studi pendahuluan buku panduan model pembelajaran yang dikembangan. 2) menghasilkan design buku panduan model pembelajaran project based learning dalam menumbuhkan minat kewirausahaan anak usia sekolah dasar. 3) Mengetahui tingkat kelayakan buku panduan model pembelajaran project based learning dalam menumbuhkan minat kewirausahaan 4) Mengetahui keefektifan buku panduan model pembelajran project based learning dalam menumbuhkan minat kewirausahaan anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation dan Evaluat). Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Serang 9. Subjek penelitian adalah produk pengembangan buku panduan model pembelajaran project based learning dalam menumbuhkan minat kewirausahaan anak usia sekolah dasar. Instrumen dalam penelitian ini merupakan turunan dari teori-teori dalam penelitian. Analisis data yang digunakan menggunakan Uji Statistik melalui SPSS 20 yaitu dengan uji wilcaxon. Pengujian buku panduan dan model pembelajaran serta respon dilakukan dengan menghitung konversi nilai skala. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) buku panduan model pembelajaran project based learning dalam menumbuhkan minat kewirausahaan anak usia sekolah di butuhkan oleh sekolah dan jiwa wirausaha anak belum terbentuk sepenuhnya. 2) Design buku panduan model pembelajaran project based learning dalam menumbuhkan minat kewirausahaan yang dikembangan merupakan perpaduan dari model pembelajaran project based learning dan siklus kewriausahaan. 3) tingkat kelayakan berdasarkan penilaian validator mengenai buku panduan model pembelajaran project based learning dalam menumbuhkan minat kewirausahaan anak usia sekolah dasar mendapatkan skor total 13≥1.788 yaitu masuk pada kategori sangat baik karena telah memperoleh nilai yang memenuhi criteria X ≥ ẋ + 1.8 σ dan hasil dari respon siswa mendapat skor total nilai 10 ≥ 9.788 yaitu masuk kategori sangat baik karena telah memperoleh nilai yang memenuhi criteria X ≥ ẋ + 1.8 σ. 4) Hasil analisis dari uji Wilcaxon menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) = 0.033 < α = 0,05 yang artinya Hi diterima. Hal ini berarti buku panduan model pembelajaran Project Based learning efektif dalam menumbuhkan minat kewirausahaan anak usia dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Model pembelajaran Project based learning, minat wirausaha, sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:05
Last Modified: 03 Feb 2022 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72093

Actions (login required)

View Item View Item