Implementasi Pelatihan Tenun Ikat dalam Pemberdayaan Perempuan di Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef.

Adu, Margarita and Sujarwo, Sujarwo (2020) Implementasi Pelatihan Tenun Ikat dalam Pemberdayaan Perempuan di Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-margaritha adu-17704251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) untuk memperoleh informasi mengenai implementasi pelatihan tenun ikat, (b) mengetahui hasil pelatihan, (c) mengetahui faktor pendukung dan pengambat, (d) partisipasi masyarakat. Dengan meng-gunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian adalah pengelola, instruktur atau tutor dan peserta pelatihan. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci selama pengumpulan data; kamera, alat perekam, pedoman observasi, pedoman wawancara dan alat tulis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi; menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa program telah berjalan dapat ditinjau dari proses pemberdayaan yaitu: (a) implementasi pelatihan tenun ikat dalam pemberdayaan perempuan dikhususkan bagi kaum perempuan di Sentra Kriya Rumah Pintar dengan tujuan meningkatkan perekonomian dan kemampuan dalam menginovasi. (b) Hasil pelatihan berupa produk dan skill peserta. Produk yang dihasilkan dalam bentuk dasar selendang, selimut, dan sarung yang di inovasi menjadi baju, tas dan anting. (c) Ada faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung selama yang dirasakan berupa bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah, peraturan pemerintah dan masyarakat, namun dibalik itu ada faktor penghambat yaitu dari alat tenun tradisional yang digunakan secara manual, hanya terdapat satu orang fasilitator dan satu orang pendamping fasilitator, dan kemampuan peserta dalam menginovasi. (d) Partisipasi masyarakat dalam program pelatihan makin lama makin berkurang hingga tersisa 15 peserta yang aktif dan dibina dalam kelompok Desa Vokasi dengan tujuan agar peserta yang telah mendapat dukungan dan pelatihan mengembangkan bakat hingga pada mampu berwirausaha. Dapat disimpulkan pemberdayaan memberi makna bagi setiap perempuan untuk membangun perpektif baru untuk memanusiakan dirinya menjadi perempuan mandiri. Hal ini ditunjukkan dengan peserta mampu menghasilkan inovasi produk tenunan dengan kemampuannya untuk berwirausaha sehingga tidak lagi bergantung pada pemerintah walaupun belum sepenuhnya semua peserta mampu memodifikasi tenun ikat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perempuan, Pendidikan Nonformal, Tenun.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:05
Last Modified: 02 Feb 2022 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72085

Actions (login required)

View Item View Item