Keterlibatan Ibu yang Bekerja dalam Pengasuhan Anak Balita Melalui Program Aplikasi Whatsapp Di TK Tiara Chandra Dan SPS Kenanga Yogyakarta.

Prahastiyani, Novenda and Fauziah, Puji Yanti (2020) Keterlibatan Ibu yang Bekerja dalam Pengasuhan Anak Balita Melalui Program Aplikasi Whatsapp Di TK Tiara Chandra Dan SPS Kenanga Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-novenda prahastiyani-16704251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model keterlibatan ibu yang bekerja dalam pengasuhan anak balita melalui program aplikasi whatsapp di TK Tiara Chandra dan SPS Kenanga Yogyakarta, aspek-aspek keterlibatan ibu dalam pengasuhan anak di TK Tiara Chandra dan SPS Kenanga Yogyakarta dan faktor pendukung dan penghambat dalam keterlibatan ibu dalam pengasuhan anak di Sekolah Tiara Chandra dan SPS Kenanga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan ibu. Data dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlibatan ibu dalam pengasuhan di TK Tiara Chandra dan SPS Kenanga adalah meningkatkan wawasan dan pengetahuan, upaya yang dilakukan TK yaitu dengan memberikan materi parenting yang disampaikan melalui WhatsApp, sehingga ibu dapat terlibat secara aktif dalam kegiatan anak di TK maupun di rumah. (2) Ada beberapa aspek dalam keterlibatan ibu yaitu peran ibu, self efficacy dan kesempatan atau tuntutan untuk terlibat. (3) Faktor pendukung keterlibatan yaitu beberapa ibu dapat berkomunikasi baik secara langsung maupun melalui media WhatsApp untuk saling memberi informasi, keaktifan ibu yang merespon adalah 7 orang (46,67%), sedangkan untuk ibu yang tidak merespon sebanyak 8 orang (53,33%) dan untuk SPS Kenanga sebanyak 8 orang (53,33%) merespon, dan yang tidak merespon sebanyak 7 orang (46,67%). . Faktor penghambat yaitu membagi waktu ketika ibu sibuk bekerja dengan memberikan pengasuhan kepada anaknya, selain itu pola pengasuhan yang diberikan antara ibu dengan yang mengasuh dalam sehari-hari berbeda. Faktor penghambat lainnya adalah ibu tidak dapat selalu terlibat dalam kegiatan anak yang dilaksanakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan, Pengasuhan Anak, Aplikasi Whatsapp
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:58
Last Modified: 02 Feb 2022 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72084

Actions (login required)

View Item View Item