Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keingintahuan Peserta Didik.

Saputro, Totok Victor Didik and Mahmudi, Ali (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keingintahuan Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-totok victor didik saputro-18709251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan paradigma pedagogi reflektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dan keingintahuan peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, yang terdiri dari RPP dan LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan dalam model ini yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas VIII-D di SMP Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian oleh guru, lembar penilaian oleh peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket keingintahuan peserta didik. Perangkat pembelajaran matematika dinyatakan valid jika rata-rata hasil penilaian para ahli memenuhi kriteria minimal tinggi. Perangkat pembelajaran matematika dinyatakan praktis jika rata-rata hasil penilaian oleh guru dan peserta didik masing-masing memenuhi kriteria minimal tinggi serta persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai minimal 75%. Perangkat pembelajaran matematika dinyatakan efektif jika banyaknya peserta didik yang mencapai KKM yang ditentukan mencapai 75% untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan banyaknya peserta didik dengan keingintahuan minimal tinggi mencapai 75%. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan masing-masing memperoleh kriteria sangat tinggi dengan rata-rata skor RPP dan LKPD berturut-turut adalah 142,5 dan 81,5 serta dinyatakan memenuhi kriteria valid. Hasil analisis kepraktisan RPP dan LKPD dinyatakan praktis dengan kriteria masing-masing sangat tinggi dan tinggi dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 65 dan 80 serta persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 91,67%. Perangkat pembelajaran matematika dinyatakan efektif dengan persentase banyaknya peserta didik yang tuntas dalam tes kemampuan pemecahan masalah mencapai 81% dengan rata-rata nilai peserta didik yaitu 78,56 melebihi KKM yang ditentukan dan persentase peserta didik dengan keingintahuan minimal tinggi mencapai 80,77%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keingintahuan, matematika, pedagogi reflektif, pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:52
Last Modified: 02 Feb 2022 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72083

Actions (login required)

View Item View Item