Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berorientasi pada Pemahaman Konsep,Penalaran, dan Disposisi Matematis.

Panjaitan, Agnes Teresa and Karyati, Karyati (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berorientasi pada Pemahaman Konsep,Penalaran, dan Disposisi Matematis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-agnes teresa panjaitan-18709251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia yang berorientasi pada pemahaman konsep, penalaran, dan disposisi matematis yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mengambil populasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binjai, kelas VII-2 dipilih sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan diawal pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease-2019) sehingga setelah 4 pertemuan tatap muka dilanjutkan dengan 2 pertemuan online menggunakan aplikasi Whatsapp. Terdapat 28 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dan ujicoba tes. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 pada bulan Maret hingga April. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Pengukuran keefektifan terhadap kemampuan pemahaman konsep, penalaran , dan, disposisi matematis dilakukan dengan menggunakan one sample t test dengan menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS 21 . Data sampel yang diuji memenuhi kriteria data berdistribusi normal dengan pengujian Shapiro-Wilk. Kemudian hasil kefektifan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep, penalaran, dan disposisi matematis siswa. Adapun penelitian dengan melibatkan pembelajaran online tidak menghasilkan keterlaksanaan pembelajaran secara ideal dikarenakan persiapan dan fasilitas yang tidak memadai. Validasi terhadap perangkat pembelajaran RPP dan LKPD menunjukkan bahwa kedua perangkat memenuhi kategori sangat valid dengan skor 98,6 dan 86,67. Perangkat juga dinyatakan sangat praktis dari hasil penilaian guru dan siswa dengan skor 53 dan 52,88 dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran ialah 86,6%. Keefektifan perangkat pembelajaran melebihi nilai KKM yang ditentukan dari aspek pemahaman mencapai skor rata-rata 81,73 dan untuk rata-rata penalaran adalah 74,83. Aspek disposisi matematis menunjukkan rata-rata siswa terkategori baik. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PMRI, pemahaman konsep, penalaran, disposisi matematis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:19
Last Modified: 02 Feb 2022 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72080

Actions (login required)

View Item View Item