Sistem Pendukung Keputusan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bidang Kesehatan

Anny Kartika, Sari and Solikhatun, Solikhatun and Erwin, Sihombing (2006) Sistem Pendukung Keputusan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bidang Kesehatan. Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT. ISSN 978–979–16353–9–1

[img]
Preview
Text
M-6 - Anny Kartika Sari.pdf

Download (486kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Sulitnya pengukuran terhadap kualitas pelayanan menyebabkan para manajer perusahaan atau pimpinan instansi sulit mengambil kebijakan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pelayanan. Padahal, jika kualitas pelayanan meningkat, maka kepuasan pelanggan akan meningkat. Pada akhirnya, jika kepuasan pelanggan tinggi, akan lebih banyak pelanggan yang membeli jasa pelayanan perusahaan/instansi tersebut sehingga keuntungan akan bertambah. Penelitian ini mencoba mengatasi kesulitan yang dihadapi para manajer atau pimpinan instansi dalam permasalahan yang berkaitan dengan pengukuran kualitas produk pelayanannya. Bidang pelayanan yang menjadi pokok penelitian adalah kesehatan. Sistem pendukung keputusan yang dibuat dapat digunakan untuk menentukan dimensi pelayanan yang kualitasnya paling lemah. Sistem pendukung keputusan yang dibangun berbasis web. Dimensi pelayanan yang relevan dengan bidang kesehatan ditinjau dari data yang didapatkan melalui kuesioner. Metode yang dipakai dalam peninjauan tersebut adalah metode SERVQUAL. Selanjutnya, optimisasi diterapkan untuk memaksimumkan kualitas dimensi pelayanan yang lemah sesuai dengan atribut‐atribut untuk dimensi pelayanan yang bersangkutan. Karena atribut‐atribut pada masing‐masing dimensi merupakan parameter yang tidak tentu, maka perumusan optimisasi fuzzy akan lebih efektif. Optimisasi fuzzy dengan pendekatan fungsi ketidakpuasan diselesaikan dengan algoritma genetika. Sistem pendukung keputusan yang dihasilkan diharapkan dapat membantu para pimpinan rumah sakit dalam menentukan strategi yang harus diambil untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Meningkatnya kualitas pelayanan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada rumah sakit, sehingga mereka akan memilih rumah sakit tersebut untuk mendapatkan pelayanan di bidang kesehatan. Selain itu, sistem ini diharapkan dapat menjadi model SPK untuk mengukur kualitas pelayanan di bidang lain dengan metode SERVQUAL. Hanya saja, perlu dilakukan penyesuaian terhadap dimensi, kuesioner, dan model optimisasi. Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, pelayanan kesehatan, metode SERVQUAL, optimisasi fuzzy, algoritma genetika

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, pelayanan kesehatan, metode SERVQUAL, optimisasi fuzzy, algoritma genetika
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 06 Nov 2012 00:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7208

Actions (login required)

View Item View Item