Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Kabupaten Bantul.

Nugroho, Insan Agung and Jailani, Jailani (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-insan agung nugroho-17709251052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kompetensi pedagogik guru matematika, (2) tingkat kompetensi profesional guru matematika, (3) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika, (4) pengaruh kompetensi profesional guru matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada jenjang SMP di Kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam rentang waktu bulan Januari hingga Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru matematika jenjang SMP di kabupaten Bantul. Data diperoleh melalui survei menggunakan instrumen penelitian yang telah divalidasi dan data sekunder penilaian akhir semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Analisis pengaruh hubungan variabel laten eksogen dan endogen menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS- SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tingkat kompetensi pedagogik guru matematika berada pada kategori cukup, (2) tingkat kompetensi profesional guru matematika masih berada pada kategori kurang, (3) kompetensi pedagogik guru matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa (p < 0,05), (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru matematika terhadap hasil belajar matematika yang dimanifestasikan melalui aspek sikap kemandirian belajar dan pengetahuan matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru matematika, hasil belajar matematika siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:13
Last Modified: 02 Feb 2022 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72079

Actions (login required)

View Item View Item