Penerapan Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Konsep dan Prosedur dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.

Fitriasari, Latifah and Abadi, Agus Maman (2020) Penerapan Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Konsep dan Prosedur dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-latifah fitriasari-17709251055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK LATIFAH FITRIASARI: Penerapan Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Konsep dan Prosedur dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis. Yogyakarta : Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) kesalahan konsep yang dilakukan siswa pada saat menyelesaikan masalah matematika, (2) kesalahan prosedur yang dilakukan siswa pada saat menyelesaikan masalah matematika, (3) scaffolding yang tepat untuk diberikan kepada siswa yang melakukan kesalahan konsep pada saat menyelesaikan masalah matematika, (4) scaffolding yang tepat untuk diberikan kepada siswa yang melakukan kesalahan prosedur pada saat menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli hingga Agustus 2019 dengan populasi siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes penyelesaian soal cerita dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kesalahan konsep yang dilakukan oleh siswa pada saat menyelesaikan masalah matematika adalah salah memahami makna soal, salah menafsirkan konsep dan salah memahami sifat, definisi dan istilah. (2) Kesalahan prosedur yang dilakukan siswa pada saat menyelesaikan masalah matematika adalah salah menentukan rumus, salah melakukan operasi hitung, salah menyusun langkah-langkah dalam menjawab soal serta salah dalam penulisan jawaban atau kesimpulan (3) Kesalahan konsep yang berupa salah memahami makna soal dilakukan oleh subjek S1, S6, S7, S8, S10 dan S13. Scaffolding yang diberikan berupa explaining dan reviewing. Kesalahan dalam menafsirkan konsep serta salah dalam memahami sifat, definisi dan istilah dilakukan oleh subjek kecuali S6 dan S10 dan dibantu dengan scaffolding berupa restructuring. (4) Kesalahan prosedur yang berupa salah menentukan rumus dilakukan oleh semua subjek penelitian. Scaffolding yang diberikan adalah restructuring. Selanjutnya untuk kesalahan prosedur berupa salah dalam melakukan operasi hitung dilakukan oleh subjek S2 dan memberikan scaffolding berupa reviewing.Kesalahan dalam menyusun langkah-langkah dalam menjawab soal dilakukan oleh subjek S1 dan S8 dan dibantu dengan scaffolding yang berupa restructuring. Kesalahan dalam penulisan jawaban atau kesimpulan yang dilakukan oleh subjek S1 dan S8. Scaffolding yang tepat untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah dengan restructuring dan developing conceptual thinking.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: esalahan konsep, masalah matematika, kesalahan prosedur, scaffolding
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:53
Last Modified: 02 Feb 2022 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72077

Actions (login required)

View Item View Item