PENGEMBANGAN APLIKASI LAYANAN PESAN INSTAN WHATSAPPSEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK EFEK RUMAH KACA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PURWOKERTO

Aji, Singgih Hutomo and Suparwoto, Suparwoto (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI LAYANAN PESAN INSTAN WHATSAPPSEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK EFEK RUMAH KACA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PURWOKERTO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi_singgih hutomo aji_13302241060 .pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)menghasilkan produk media pembelajaran berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsAppyang layak;(2)mengetahui apakah produk media berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsAppsebagai sumber belajar mandiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika;(3)mengetahui besar peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam mempelajari fisika materi pokok efek rumah kaca setelah diimplementasikan media pembelajaran berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsApp.Penelitian ini merupakan penelitianResearch and Development (R&D)dengan 4D Models. Pada tahap Define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahanTahap Design, merancangproduk media belajar mandiri. Tahap Develop, validasi rancanganproduk oleh validator ahli–revisi, ujicoba terbatas–revisi, dan uji coba lapangan. Tahap Desiminate, pengenalan media yang dikembangkan di SMA N 1 Purwokerto. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 6 dan XI MIA 7 SMA N 1 Purwokerto. Data penelitian dijaring menggunakan instrumen angket validasi, angket respon peserta didik, angket motivasi, dan soal pretest-posttest.Analisis data menggunakan analisis kriteria penilaian ideal untuk mengetahui kelayakan produk media, analisis validitas instrumen menggunakan Expert Judgement, analisis validitas soal menggunakan program ITEMAN, dan analisis implementasi media pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan analisis statistika multivariat, sertaanalisis peningkatan motivasi dan hasil belajarmenggunakan Standar Gain.Hasil penelitian ini adalah (1)media sumber belajar mandiri berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsAppyang dikembangkan dinyatakan layak dengan penilaian validatorpada seluruh aspek masuk dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 124;(2)media sumber belajar mandiri berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsAppdapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik;(3) peningkatan motivasi peserta didik setelah diimplementasikan media sumber belajar mandiri berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsAppmenunjukkan nilai standar gain 0,1 pada kategori rendah, sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diimplementasikan media sumber belajar mandiri berbasis aplikasi layanan pesan instan WhatsAppmenunjukkan nilai standar gain 0,41 pada kategori sedang.Kata-kata kunci: media, belajar mandiri, fisika, efek rumah kaca, motivasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:04
Last Modified: 31 Jan 2022 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72070

Actions (login required)

View Item View Item