HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI SE-GUGUS I KAPANEWON LENDAH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

Rahmawati, Murni (2022) HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI SE-GUGUS I KAPANEWON LENDAH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Murni Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan proses pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri se-Gugus I Kapanewon Lendah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri se-Gugus I Lendah dengan sampel penelitian sejumlah 58 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Proses pembelajaran daring diukur dengan kuesioner dan hasil belajar matematika diukur dari nilai raport matematika semester I tahun ajaran 2020/2021. Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan dilakukan uji daya beda aitem, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara proses pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika siswa (Fhit = 34,110 dengan p<0,05 dan Thit = 5,840 dengan p<0,05), sehingga hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Dengan kata lain, semakin baik proses pembelajaran daring yang dilakukan, maka semakin baik pula hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, guru disarankan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran daring dengan memperhatikan aspek-aspek teknis (infrastruktur internet, fasilitas fisik siswa, sistem dan aplikasi, konten, operator) serta non teknis (kerjasama dengan orang tua) untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci: proses pembelajaran daring, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:11
Last Modified: 26 Jan 2022 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72024

Actions (login required)

View Item View Item