PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MULTIMEDIA GATHER TOWN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA PESERTA DIDIK KELAS IVB SD NEGERI 2 PADOKAN

Nugraha, Raditya Bhadra (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MULTIMEDIA GATHER TOWN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA PESERTA DIDIK KELAS IVB SD NEGERI 2 PADOKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Raditya Bhadra Nugraha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IVB SD Negeri 2 Padokan pada mata pelajaran Matematika materi pecahan senilai menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan multimedia Gather Town. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – September 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB SD Negeri 2 Padokan dengan jumlah peserta didik sebanyak 10 peserta didik yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IVB SD Negeri 2 Padokan pada mata pelajaran Matematika materi pecahan senilai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ditandai dengan rata-rata nilai tes prestasi belajar Matematika peserta didik mengalami kenaikan dan memiliki nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 65 yakni mencapai ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi pecahan senilai ditunjukkan dengan hasil tes evaluasi pada siklus I meningkat sebesar 40% dari nilai rata-rata pra tindakan sebesar 64 dengan presentase 40% menjadi rata-rata sebesar 83,7 dengan presentase 80% pada tahap pasca tindakan siklus I. Berdasarkan yang telah diuraikan pada hasil penelitian dan pembahasan, terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan multimedia Gather Town dinilai berhasil dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pecahan senilai. Kata kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran STAD, Gather Town.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:13
Last Modified: 26 Jan 2022 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72020

Actions (login required)

View Item View Item