IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KALIMENUR

Irsan, Taufik (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KALIMENUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Taufik Irsan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter mandiri dalam program belajar dari rumah pada siswa kelas VI di SD Negeri Kalimenur melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program belajar dari rumah merupakan program yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan pendidikan dalam pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Tujuan program ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan cara melaksanakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru kelas VI, dan kepala sekolah SD Negeri Kalimenur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ditunjukkan melalui tiga tahapan yaitu 1) Perencanaan, kegiatan dilakukan untuk membuat program belajar dari rumah (BDR) dapat dilaksanakan dengan terstruktur melalui berbagai macam cara seperti mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai serta manajemen waktu yang tepat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter mandiri melalui berbagai penugasan untuk siswa ketika pembelajaran berlangsung. 2) Pelaksanaan kegiatan program BDR menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan siswa. Pelaksanaan program BDR memiliki tujuan untuk membentuk karakter siswa, dengan karakter utama yang dibentuk adalah karakter mandiri. 3) Evaluasi program BDR berupa program supervisi yang dilaksanakan sesudah kegiatan pembelajaran, selain itu dilaksanakan tindak lanjut dengan tujuan membuat pembelajaran akan lebih baik kedepannya. Kata kunci: Implementasi Program, Karakter Mandiri, BDR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:57
Last Modified: 26 Jan 2022 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72017

Actions (login required)

View Item View Item