PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA BELAJAR DI RUMAH

Valentina Dilla, Pratama Putri (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA BELAJAR DI RUMAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Valentina Dilla Pratama Putri_17111244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia 5-6 selama belajar di rumah di Kecamatan Cileungsi. Kemandirian dalam penelitian ini terdiri dari kemandirian emosional, kemandirian perilaku, dan kemandirian nilai. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan dilakukan di TK Cita Bangsa dan RT 08 Limus Pratama Regency, Cileungsi, Bogor. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 anak, 3 orang tua, 2 guru, dan 1 tetangga. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data , kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan daya yang digunakan adalah triangulasi sumber. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada peran orang tua PS, MK, dan K sebagai pendukung dilakukan dengan memberikan pembiasaan yang baik dan membantu memenuhi kebutuhan anak. Untuk peran penasihat dan pelindung orang tua PS, MK, dan K berperan dengan memberikan motivasi, membiasakan anak berperilaku dan berkomunikasi dengan baik, menjadi pendengar, dan menenangkan anak. Terakhir untuk peran sebagai pendidik orang tua PS, MK, dan K berperan dengan menjadi role model, mengajarkan anak untuk memcahkan masalah, dan siap terlibat dalam kegiatan anak. Pada penelitian terdapat 3 aspek kemandirian yang dilihat yaitu kemandirian emosional, perilaku, dan nilai. Untuk kemandirian emosional lebih ditunjukan oleh anak PS dan MK. Pada kemandirian perilaku lebih ditunjukan oleh anak MK dan K, sedangkan untuk kemandirian nilai lebih ditunjukan oleh anak MK dan K. Namun walau begitu pada penelitian ini anak PS, MK, dan K sudah menunjukan aspek perkembangan kemandirian yang terlihat pada kegiatan dan perilaku sehari-hari, baik kreatif, percaya diri, dan dapat memecahkan masalah sendiri. Kata kunci : peran orang tua, kemandirian, belajar di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:06
Last Modified: 24 Jan 2022 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71983

Actions (login required)

View Item View Item