DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA ANAK TK A DI TK PKK INDRIARINI POKOH

Dian Irma Inti, Nurwati (2021) DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA ANAK TK A DI TK PKK INDRIARINI POKOH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI DIAN IRMA PGPAUD 2016 16111241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran pengenalan angka anak TK A di TK PKK Indriarini Pokoh, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kunci subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas TK A. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran pengenalan angka anak TK A di TK PKK Indriarini. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) perencanaan pembelajaran pengenalan angka dimulai dengan pembuatan program semester, penyusunan RPP bulanan, serta penyusunan RPP mingguan; 2) pelaksanaan pembelajaran pengenalan angka dilakukan secara online atau disebut dengan belajar dari rumah (BDR), guru akan menjelaskan secara detail kegiatan pembelajaran yang dilakukan kemudian siswa akan menerapkan kegiatan pembelajaran dari rumah dengan didampingi oleh orang tua; 3) evaluasi pembelajaran pengenalan angka dilakukan di kelas setiap minggu oleh guru kemudian hasil pembelajaran akan dilaporkan setiap satu semester dalam bentuk raport; 4) faktor pendukung meliputi: a) media pembelajaran pengenalan angka, b) tenaga pendidik sebagai pengajar dalam pembelajaran pengenalan angka, dan c) orangtua siswa yang sangat supportif dalam membimbing siswa dalam proses pembelajaran pengenalan angka dari rumah; 5) respon siswa terhadap pembelajaran pengenalan angka sangat semangat dan antusias. Kata kunci : Pembelajaran Pengenalan Angka, TK PKK Indriarini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:04
Last Modified: 24 Jan 2022 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71982

Actions (login required)

View Item View Item