PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK B KECAMATAN SUNGAILIAT BANGKA BELITUNG

Rahmatia, Rahmatia (2021) PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK B KECAMATAN SUNGAILIAT BANGKA BELITUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Rahmatia_17111241001REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan motorik halus dengan penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di TK B Kecamatan Sungailiat Bangka Belitung khususnya di TK Islam Terpadu Biruni, TK Kemala Bhayangkari 02, dan TK Al Mukni Zafira. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan angket untuk pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah seluruh TK di Kecamatan Sungailiat Bangka Belitung, kemudian di ambil sampel sebanyak 3 TK dengan random sampling. Sampel penelitian ini yaitu guru dan orang tua / wali murid kelompok B. Angket menggunakan skalalikert untuk kemudian diubah menjadi persentase lalu dikategorisasikan dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan motorik halus dengan penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di TK Islam Terpadu Biruni, TK Kemala Bhayangkari 02, dan TK Al Mukni Zafira didapatkan hasil cukup optimal. Hasil tersebut diperoleh dari enam aspek untuk guru yaitu menerapkan bentuk pembelajaran yang sesuai, kegiatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak, kegiatan yang melatih motorik halus anak, penggunaan media yang sesuai, penerapan metode yang bervariasi, serta menjalin kerja sama dengan orang tua dan tiga aspek untuk orang tua yaitu menirukan berbagai bentuk, menempel gambar dengan tepat, dan melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan. Kata kunci : motorik halus, media bahan alam, taman kanak-kanak, Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:02
Last Modified: 24 Jan 2022 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71981

Actions (login required)

View Item View Item