PENERAPAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN DI KB VANDA PERTA RINI KALASAN

Angelita, Erindasari (2021) PENERAPAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN DI KB VANDA PERTA RINI KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
NASKAH TAS_ANGELITA ERINDASARI_17111241018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan STEAM dalam pembelajaran di KB Vanda Perta Rini Kalasan yang meliputi proses penerapan pembelajaran STEAM, faktor pendukung, dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, peserta didik, kegiatan pembelajaran STEAM, dan foto. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dibantu oleh pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran KB Vanda Perta Rini dilaksanakan secara kombinasi yaitu STEAM dan sentra dengan tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, bereksperimen, memecahkan masalah, evaluasi, komunikasi, dan melakukan refleksi. Penerapan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan, yaitu membuat RKT, Prosem, RPPM, RPPH, mempersiapkan alat bahan main, pijakan sebelum main, menentukan berbagai alternatif belajar, mempersiapkan kegiatan aktivasi, dan kegiatan kreativitas. Proses pembelajaran dilaksanakan secara kombinasi yaitu secara luring dan daring. Proses pembelajaran meliputi pembuka, inti, eksperimen, istirahat, dan penutup. Evaluasi pembelajaran menggunakan skala capaian harian, hasil karya, catatan anekdot, dan kompilasi, (2) Faktor pendukungnya yaitu mempunyai material loose parts, pembelajaran holistik, alat peraga sesuai tematik, dan dukungan penuh dari orang tua anak, (3) Faktor penghambatnya yaitu tidak memiliki halaman yang luas untuk kegiatan STEAM di outdoor, mental block guru, dan belum semuanya guru mengikuti seminar STEAM. Kata kunci: anak usia dini, STEAM, loose parts

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:20
Last Modified: 24 Jan 2022 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71977

Actions (login required)

View Item View Item