EFEKTIVITAS MEDIA LOTTO ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS VI KECAMATAN MLATI SLEMAN

Devita Prila, Nurfaiza (2021) EFEKTIVITAS MEDIA LOTTO ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS VI KECAMATAN MLATI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Devita Prila Nurfaiza_17111241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media lotto angka terhadap peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Gugus VI Kecamatan Mlati Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-experimental design dengan menggunakan jenis time series design. Adapun subyek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok A TK Gugus VI Kecamatan Mlati yang berjumlah 49 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi / pengamatan dengan lembar instrumen. Uji validitas instrumen ini dilakukan oleh expert judgement dan dilanjutkan dengan analisis korelasi Pearson Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai koefisien sebesar 0,797. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas media lotto angka terhadap peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Gugus VI Kecamatan Mlati Sleman. Hal tersebut ditunjukkan dengan perbedaan nilai rata-rata sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberi perlakuan dengan media lotto angka, hasil rata-rata nilai keempat pretest adalah 8,42 dan rata-rata nilai keempat posttest adalah 11,16. Kesimpulan ini dibuktikan dari hasil Uji Paired Sample t-Test, diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0.000 (p<0,05) Kata kunci: media lotto angka, kemampuan mengenal lambang bilangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:16
Last Modified: 24 Jan 2022 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71975

Actions (login required)

View Item View Item