PENERAPAN PEMBELAJARAN ISLAMIC MONTESSORI DI TK BUDI MULIA DUA PANDEANSARI SLEMAN D.I.Y

Anisa, Salsabila (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN ISLAMIC MONTESSORI DI TK BUDI MULIA DUA PANDEANSARI SLEMAN D.I.Y. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi fulltext_Anisa Salsabila_17111241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran islamic Montessori di TK Budi Mulia Dua Pandeansari terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verification. Data hasil penelitian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan pembelajaran islamic Montessori dimulai dengan penyusunan rencana pembelajaran, pembagian kegiatan Montessori, persiapan guru, lingkungan belajar Montessori, penerapan islamic dalam Montessori. (2) Pelaksanaan pembelajaran islamic Montessori dilakukan secara daring dan luring. Penerapan islamic dalam kelas dengan membiasakan membaca doa sebelum dan sesudah berkegiatan, menggunakan tangan kanan, wawasan pembelajaran islamic dan terintegrasi dalam kurikulum agama yayasan. Islamic dalam pembelajaran Montessori dilakukan pada area culture dengan materi kegiatan cerita nabi, sejarah agama islam, serta pengenalan nilai-nilai islam. Pelaksanaan islamic Montessori menggunakan bahasa inggris dan duduk timpuh. (3) Pelaporan pembelajaran islamic Montessori dilakukan pada akhir semester dengan penilaian berupa cheklist beserta keterangan kegiatan yang sudah dilakukan anak. Penilaian islamic Montessori terdiri dari tiga yaitu interested, working on dan mastered dengan teks deskripsi. Evaluasi pembelajaran islamic Montessori dilakukan satu kali dalam satu minggu dan pada akhir semester. (4) Faktor pendukung pembelajaran yaitu fasilitas sekolah berupa media pembelajaran yang lengkap dan juga dukungan dari wali murid selama belajar dari rumah. (5) Faktor penghambat pembelajaran yaitu guru yang tidak semua memiliki latar belakang pendidikan bahasa inggris, rata-rata usia guru yang sudah 40 tahun dan masa pandemi Covid-19. Kata kunci: penerapan pembelajaran, islamic Montessori

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:06
Last Modified: 24 Jan 2022 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71971

Actions (login required)

View Item View Item