PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH DI TAMAN KANAK-KANAK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA RAWALO

Hajar Trisna, Eni Salsabila (2021) PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH DI TAMAN KANAK-KANAK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA RAWALO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Hajar Trisna Eni Salsabila_17111244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) selama pandemi Covid-19 pada TK Kelompok B di Desa Rawalo, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas khusunya di TK Diponegoro 140 Rawalo, TK Pertiwi 2 Rawalo, dan TK Aisyiyah 1 Rawalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan angket dan wawancara untuk pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah seluruh TK di Desa Rawalo, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas yang berjumlah 7 TK swasta, dan diambil sampel sebanyak 3 TK. Responden penelitian ini yaitu orang tua murid kelompok B, guru dan kepala sekolah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket dan wawancara. Angket menggunakan skalalikert untuk kemudian diubah menjadi persentase lalu dikategorisasikan dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) selama pandemi Covid-19 di TK Diponegoro 140 Rawalo, TK Pertiwi 2 Rawalo, dan TK Aisyiyah 1 Rawalo didapatkan hasil yaitu tinggi. Hasil tersebut diperoleh dari tujuh aspek yaitu rapor, buku penghubung, surat edaran, website sekolah, percakapan lewat telepon, home visit, dan rapat. Kata kunci: pelaksanaan BDR, Taman Kanak-Kanak, Covid-19

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:46
Last Modified: 24 Jan 2022 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71968

Actions (login required)

View Item View Item