MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BERAT-RINGAN MELALUI MEDIA TIMBANGAN SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL ULUM BUMIRAHAYU SUMATERA SELATAN

Choirun, Nisa (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BERAT-RINGAN MELALUI MEDIA TIMBANGAN SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL ULUM BUMIRAHAYU SUMATERA SELATAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Choirun Nisa_17111241008-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep berat-ringan melalui media timbangan sederhana pada anak kelompok B di RA Nurul Ulum Bumirahayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Partisipan penelitian ini yaitu 18 anak di kelompok B RA Nurul Ulum Bumirahayu. Objek penelitiannya yaitu kemampuan mengenal konsep berat-ringan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep berat-ringan setelah adanya tindakan menggunakan media timbangan sederhana yang dapat mencapai kriteria keberhasilan yaitu perolehan rata-rata persentase minimal 80%. Langkah-langkah penelitian untuk meningkatkan mengenal konsep berat-ringan menggunakan media timbangan sederhana, yaitu (a) Guru menggantungkan timbangan sederhana pada paku di dinding kelas dan menyiapkan benda yang akan ditimbang. (b) Guru menerangkan dan mencontohkan tugas yang akan diberikan pada anak (c) Kemudian anak diberikan tugas yaitu menimbang lalu menentukan hasil perbandingan berat dua benda dan mengurutkannya dari yang paling berat ke yang paling ringan. Berdasarkan data hasil observasi pada tahap pratindakan kemampuan mengenal konsep berat-ringan anak memperoleh rata-rata persentase sebesar 33,95%. Pada siklus I persentase rata-rata kemampuan mengenal konsep berat-ringan anak sebesar 56,16%. Pada siklus II persentase rata-rata kemampuan mengenal konsep berat-ringan anak sebesar 81,67%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian dapat dikatakan berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan yaitu minimal 80%. Kata kunci: konsep berat-ringan, timbangan sederhana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:43
Last Modified: 24 Jan 2022 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71967

Actions (login required)

View Item View Item