PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN KEMANDIRIAN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS VI CONDONGCATUR SLEMAN

Angger Dewi, Ayuningrum (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN KEMANDIRIAN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS VI CONDONGCATUR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Angger Dewi Ayuningrum_17111244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menerapkan kemandirian anak selama pandemi covid-19 pada anak kelompok B di TK Gugus VI Condongcatur Sleman. Adapun peran orang tua yaitu sebagai pendidik, motivator, dan fasilitator. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Intrumen yang digunakan yaitu angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua murid di TK Gugus VI Condongcatur Sleman sejumlah 204 orang tua, dan sampel penelitian adalah 112 orang tua dari 3 TK yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan kesalahan 10%. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan peran orang tua dalam menerapkan kemandirian anak TK dikategorikan optimal. Ditinjau dari peran orang tua sebagai pendidik mencapai 72,96% (optimal), sebagai motivator mencapai 64,70% (cukup optimal), dan sebagai fasilitator mencapai 74,44% (optimal). Dengan demikian rata-rata peran orang tua dalam menerapkan kemandirian pada anak kelompok B di TK Gugus VI Condongcatur Sleman adalah 70,7% dan dikategorikan optimal. Hasil bermakna bahwa orang tua anak kelompok B di TK Gugus VI Condongcatur Sleman telah melaksanakan peran orang tua sebagai fasilitator dan pendidik secara optimal dan kelak orang tua anak kelompok B di TK Gugus VI Condongcatur Sleman akan lebih mudah meningkatkan perannya dalam memotivasi anak. Kata kunci: peran orang tua, kemandirian anak, pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:41
Last Modified: 24 Jan 2022 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71966

Actions (login required)

View Item View Item