IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AR RAFIF KALASAN

Anggi, Prahastuti (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AR RAFIF KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi fulltext_Anggi Prahastuti_17111244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran penanaman nilai moral pada anak usia 4-5 tahun di RA Ar Rafif Kalasan. Implementasi pembelajaran penanaman nilai moral dalam penelitian ini berfokus pada tata pelaksanaan pembelajaran penanaman nilai moral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data atau informasi yang diperoleh dari penelitian ini berbentuk informasi yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di RA Ar Rafif Kalasan dengan subjek penelitian guru kelas, kepala sekolah, direktur yayasan dan orang tua/ wali murid. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Intrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interkaktif Milles and Huberman dengan analisis keabsahan data berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) pembelajaran penanaman nilai moral di RA Ar rafif melalu tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Perencanaan dengan menyiapkan RPP, media dan kegiatan main. 3) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan stategi pembiasaan dan pembelajaran dengan metode pembelajaran seperti bercerita, bermain, bernyanyi, pembiasaan dan teladan. 4) Pembelajara selama pandemi dilakukan secara daring dan luring dengan menggunakan pendekatan penanaman moral dan klasifikasi nilai dengan alokasi waktu 1-1,5 jam setiap hari dengan kegiatan bercerita 7-10 menit pada pembukaan. 5) Presentase hasil pembelajaran memperoleh hasil yang baik yaitu 80-90% dengan penilaian yang digunakan berupa hasil karya, chek list dan catatan anekdot. 6) Kendala dalam implementasi pembelajaran penanaman nilai moral yaitu pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai pada kondisi pandemi dan perlu adanya pembiasaan yang lebih rutin dan berkelanjutan dari guru dan orangtua. Kata kunci: pembelajaran, penanman nilai moral

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:39
Last Modified: 24 Jan 2022 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71965

Actions (login required)

View Item View Item