PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK BUDI MULIA DUA PANDEANSARI

Nuraini Luthfi, Istiqomah (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK BUDI MULIA DUA PANDEANSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi fulltext_Nuraini Luthfi Istiqomah_17111241031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran selama pandemi Covid-19 di TK Budi Mulia Dua Pandeansari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh secara purposive sampling yang terdiri dari tujuh orang guru kelas dan kepala sekolah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian dilakukan pada bulan April tahun 2021. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskriptif menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman. Data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode blended learning, yaitu secara daring melalui whatsapp group, video call, zoom meeting, dan video tutorial; dan secara luring menggunakan sistem satu guru satu anak dengan menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah; (2) Hambatan yang terjadi selama pembelajaran yaitu sekolah mengalami seleksi alam peserta didik, banyak guru yang belum menguasai IT, jadwal pembelajaran daring yang terkadang diluar jam kerja, dan kurang disiplinnya wali murid. Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Protokol Kesehatan, Pembelajaran Daring dan Luring

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:37
Last Modified: 24 Jan 2022 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71964

Actions (login required)

View Item View Item