PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA PROGRAM BELAJAR DARING DI GUGUS V KECAMATAN BERBAH

Weanna, Putri (2021) PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA PROGRAM BELAJAR DARING DI GUGUS V KECAMATAN BERBAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Weanna Putri_17111241013-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam kegiatan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun selama program belajar daring di Gugus V Kecamatan Berbah. Aspek yang diuraikan yaitu peran orang tua sebagai pendidik, sebagai pendorong, sebagai panutan, sebagai teman, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini yaitu seluruh TK yang berada dalam lingkup Gugus V Kecamatan Berbah, kemudian diambil sampel sebanyak 3 TK dengan random sampling. Subyek penelitian ini yaitu orang tua/ wali murid anak usia 4-5 tahun. Hasil pengolahan data kemudian disajikan dengan tabel dan grafik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran orang tua dalam kegiatan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun selama program belajar daring di TK ABA Kadipolo, TK Perintis, dan TK Sukro Krido I yaitu baik dalam aspek peran orang tua sebagai pendidik, sebagai panutan, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Selanjutnya cukup baik untuk peran orang tua sebagai teman, dan kurang baik untuk sapek orang tua sebagai pendamping. Kata kunci: peran orang tua, mengenal angka, program belajar daring.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:22
Last Modified: 24 Jan 2022 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71960

Actions (login required)

View Item View Item