STUDI KORELASI PENGGUNAAN GAWAI DENGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK DI B TK GUGUS SELATAN KECAMATAN WIROBRAJAN

Lintang Sekar, Wangi (2021) STUDI KORELASI PENGGUNAAN GAWAI DENGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK DI B TK GUGUS SELATAN KECAMATAN WIROBRAJAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_LINTANG SEKAR WANGI_15111241051_PGPAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gawai dengan kemampuan menyimak pada anak. Adapun indikator penggunaan gawai terdiri pemanfaatan penggunaan gawai, jangka waktu penggunaan gawai dan aturan dalam menggunakan gawai. Sedangkan indikator kemampuan menyimak dalam penelitian ini adalah mendengarkan dengan baik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 78 anak Kelompok B di TK Gugus Selatan Kecamatan Wirobrajan yang memiliki setidaknya satu perangkat gawai dan mengizinkan anak untuk menggunakan perangkat tersebut. Penelitian ini menggunakan angket terbuka sebagai alat pengumpul data untuk mengukur tingkat penggunaan gawai dan lembar observasi untuk mengukur tingkat kemampuan menyimak pada anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson dengan bantuan Computer Program SPSS Seri 25.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif antara penggunaan gawai dengan kemampuan menyimak anak sebesar 0,375>0,05. Dari 78 anak, terdapat 3 anak (3,8%) berada pada kategori sangat tinggi, 24 anak (30,8%) berada pada kategori tinggi, sebanyak 43 anak (55,1%) pada kategori cukup, dan 8 anak (10,3%) berada pada kategori penggunaan yang rendah. Sedangkan kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Gugus Selatan Kecamatan Wirobrajan mayoritas berada pada kategori cukup yakni sebanyak 16 anak (20,5%), pada kategori sangat tinggi, sebanyak 21 anak (26,9%), kategori cukup sebanyak 38 anak (48,7%), dan terdapat 3 anak (3,9%) yang memiliki tingkat kemampuan menyimak yang rendah. Kata Kunci: penggunaan gawai, kemampuan menyimak, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:19
Last Modified: 24 Jan 2022 06:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71959

Actions (login required)

View Item View Item