KORELASI ANTARA KETERAMPILAN TEKNOLOGI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) AL FATIHAH UMBULHARJO YOGYAKARTA

Mursifah, Mursifah (2021) KORELASI ANTARA KETERAMPILAN TEKNOLOGI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) AL FATIHAH UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_17111244024_Mursifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara keterampilan teknologi guru dengan motivasi belajar anak di TK Al-Fatihah Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini didasari pada masalah yang ditemui yaitu keterampilan teknologi guru TK Al Fatihah yang bervariasi serta bagaimana hubungannya dengan motivasi belajar anak dalam mengikuti pembelajaran daring selama BDR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi guru dan anak di TK Al Fatihah Umbulharjo, Yogyakarta. Yaitu sebanyak 4 guru dan 23 anak. teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket dan lembar observasi berupa instrument ceklis. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan teknologi guru di TK Al Fatihah berada pada kategori tinggi, dan motivasi belajar anak di TK Al Fatihah juga dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji korelasi dengan teknik Kendall Tau terdapat korelasi antara keterampilan teknologi guru dengan motivasi belajar anak di TK Al-Fatihah Umbulharjo Yogyakarta. Kesimpulan ini dibuktikan dari hasil Uji Korelasi Kendall Tau, di peroleh nilai τ sebesar 0,103 yang berarti τ xy ≠ 0 maka, diartikan bahwa “Ada korelasi antara keterampilan teknologi guru dengan motivasi belajar anak di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Fatihah Umbulharjo, Yogyakarta”. Kata Kunci: Korelasi, keterampilan teknologi, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:13
Last Modified: 24 Jan 2022 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71957

Actions (login required)

View Item View Item