PENERAPAN METODE PROYEK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LAB SCHOOL RUMAH CITTA MANTRIJERON, YOGYAKARTA

Nurul Amalia, Firdhaus (2021) PENERAPAN METODE PROYEK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LAB SCHOOL RUMAH CITTA MANTRIJERON, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi Fulltext_Nurul Amalia Firdhaus_17111244005_FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode proyek dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa pandemic COVID-19 di Lab School Rumah Citta Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan metode proyek pada TK kelompok B, di Lab School Rumah Citta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dicoding menjadi CW (catatan wawancara), dan CD (catatan dokumentasi). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek pada pembelajaran kelompok B di Lab School Rumah Citta meliputi (1) Rancangan metode proyek dalam pembelajaran daring yaitu: Fase 1 (Persiapan) meliputi pemilihan tema, menentukan tema dengan cara voting; Fase 2 (Mencari Informasi) meliputi penyampaian materi dari guru dengan powerpoint melalui aplikasi zoom; Fase 3 (Evaluasi) meliputi pembuatan dan presentasi hasil proyek (2) Pelaksanaan pembelajaran daring yang terdiri dari: kegiatan pembuka, Kegiatan inti, teknik/tampilan dan evaluasi dan (3) Peran guru sebagai fasilitator bagi anak dan orangatua berkerja sama dalam terselenggaranya kegiatan, serta kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring dengan metode proyek. Kata Kunci : metode proyek, pembelajaran TK, Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:12
Last Modified: 24 Jan 2022 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71956

Actions (login required)

View Item View Item