IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI KECAMATAN BANGUNTAPAN

Rizki Jihan, Nida (2021) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI KECAMATAN BANGUNTAPAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
17111244012_RIZKI JIHAN NIDA_TAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Kecamatan Banguntapan, khususnya di TK Pertiwi 21, TK Pertiwi 24, dan TK Pertiwi 26. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu koordinasi mata dengan tangan melalui kegiatan menggunting, mewarnai, dan membentuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survey dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan wali kelas kelompok A di TK Pertiwi 21, TK Pertiwi 24, dan TK Pertiwi 26. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A di TK Pertiwi Kecamatan Banguntapan dengan total sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 anak. Penentuan sample yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 4% anak memiliki kemampuan koordinasi mata dengan tangan sangat optimal, 40,5% anak optimal, 23% anak cukup optimal, 27% anak kurang optimal, dan 5,5% anak tidak optimal. Hal ini menunjukkan bahwa koordinasi mata dengan tangan anak kelompok A di TK Pertiwi 21, TK Pertiwi 24, dan TK Pertiwi 26 menunjukkan hasil yang optimal. Kegiatan yang digunakan dalam menstimulasi motorik halus anak kelompok A diantaranya mewarnai, menggunting, menggambar, menempel, meronce, membentuk, dan menjahit. Kata kunci: kemampuan motorik halus, koordinasi mata dengan tangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:01
Last Modified: 21 Jan 2022 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71935

Actions (login required)

View Item View Item