IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LOOSE PARTS DI KBIT AR RISALAH KEBUMEN

Lulu, Nadhifah (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LOOSE PARTS DI KBIT AR RISALAH KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Lulu Nadhifah_17111241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis loose parts di KBIT Ar Risalah Kebumen yang meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, wali murid, dan anak-anak kelas Al-Asadu didukung dengan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama melakukan penelitian dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan lima penemuan. Pertama, perencanaan, yaitu membuat pengembangan tema, Prosem, RPPM, RPPH, menata lingkungan main yang berupa penataan tempat duduk, pemilihan material, pembuatan invitasi, ide kegiatan berupa foto, video, dan catatan suara pembelajaran. Kedua, proses pembelajaran dilakukan melalui Belajar Dari Rumah (BDR) atau online dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) atau school visit yang meliputi penyambutan, doa pembuka, imtaq, kegiatan inti (bermain bebas dengan material loose parts), BTQ, doa dan penutup, guru melakukan dokumentasi dan provokasi. Ketiga, evaluasi pembelajaran menggunakan anekdot berseri, learning story, dan rapor. Keempat, faktor pendukung pembelajaran adalah konsep ruang kelas yang berbentuk aula, guru-guru sudah mempunyai bekal dasar pembelajaran loose parts, material loose parts sudah sesuai dengan standar, serta dukungan dari wali murid dan lembaga. Kelima, faktor penghambat pembelajaran adalah guru belum memahami secara keseluruhan pelaksanaan proses pembelajaran berbasis loose parts dan pengumpulan material yang membutuhkan waktu cukup lama. Kata kunci: pembelajaran, loose parts, bermain bebas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:59
Last Modified: 21 Jan 2022 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71934

Actions (login required)

View Item View Item