PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI TK ABA ARGOMULYO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Arbela, Nurmalitasari (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING DI TK ABA ARGOMULYO PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Arbela Nurmalitasari_17111244013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran daring di TK ABA Argomulyo pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Argomulyo dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan orang tua. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman. Data hasil penelitian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak meliputi fasilitator, motivator, dan sebagai penanam jiwa keagamaan dan sosial anak sejak kecil; (2) Peran orang tua dalam mendukung proses pembelajaran daring anak selama di rumah yaitu sebagai guru, sebagai fasilitator kebutuhan belajar daring anak selama di rumah dan motivator anak; (3) Sikap dan cara orang tua selama mendampingi anak belajar di rumah adalah orang tua selalu menemani saat anak mengerjakan tugas di rumah dan membantu mengerjakan ketika anak merasa kesulitan; (4) Faktor yang mempengaruhi peran orang tua saat mendampingi pembelajaran daring anak selama di rumah yaitu pekerjaan orang tua dan waktu yang tersedia selama mendampingi anak belajar di rumah; (5) Kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring saat orang tua membimbing anak di rumah yaitu kelebihannya orang tua dapat dengan mudah mengontrol proses belajar anak dan mengatasi persoalan jarak karena bersifat fleksibel dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja, kekurangannya yaitu anak menjadi kurang bersosialisasi dan orang tua dituntut untuk bisa mengoperasikan alat elektronik dan media online perangkat untuk pembelajaran online. Kata kunci : peran orang tua, pembelajaran daring, pandemi covid-19

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:55
Last Modified: 21 Jan 2022 06:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71933

Actions (login required)

View Item View Item